Mengenal Kerajinan Marmer Tulungagung

 Mengenal Kerajinan Marmer Tulungagung

Kerajinan Marmer Tulungagung. Bila produk kayu jati yang terkenal berada di Jepara, maka Jawa Timur terkenal dengan kerajinan marmer Tulungagung. Tulungagung memang memiliki para pengrajin marmer yang berkualitas. Tidak jarang bahwa marmer- marmer tersebut sering di ekspor ke luar negeri. Kerajinan marmer ini merupakan sebuah produk yang sangat mencolok di kota ini. Terlebih di daerah yang bernama Campurdarat dan di beberapa daerah yang ada di sekitarnya. Dengan begitu kerajinan bebatuan ini dapat diasumsikan menjadi sebuah produk yang sangat berpotensi untuk ke depannya. Karena sangat menjanjikan, marmer dari Tulungagung selalu dianggap marmer yang sangat direkomendasikan se-Jawa Timur. Terlebih dengan harga yang terjangkau apabila dibandingkan dengan marmer yang dikirim dari luar negeri atau luar pulau Jawa. Antusias masyarakat tentu sangat berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan oleh para pengrajin atau pabrik marmer di kota ini. Apalagi produk yang sudah dikerjakan ini memiliki rekam jejak atau sepak terjang yang cukup lama. Kerajinan marmer dari Tulungangung ini rata- rata dikerjakan secara turun temurun.


Papan Nama Bahan Granit
Papan Nama Bahan Granit

Sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1934 adalah saat di mana kerajinan marmer ini menjadi salah satu harta yang terpendam. Oleh karenanya bangsa Belanda saat itu kebanjiran pesanan dari beberapa negara di Eropa. Meski saat itu meskipun Belanda dikenal sebagai negara penjajah, tetapi tetap dianggap sebagai negara yang baik dalam melakukan perdagangan. Sehingga warisan tersebut dapat dinikmati hingga saat ini. Dengan latar belakang sejarah yang baik, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan kredibilitas dari produk marmer Tulungagung. Apalagi masyarakat di Indonesia sangatlah menyukai marmer karena corak dan ukurannya yang unik. Berbicara mengenai nilai estetika maka sudah pasti bebatuan marmer akan memberikan nilai yang mewah. Oleh karenanya produk marmer yang dihasilkan dari Tulungagung menjadi produk yang cukup diminati hingga saat ini. Meskipun marmer terkenal akan ubin karena permintaan pasar yang banyak, namun bebatuan marmer ini dapat dijadikan sebagai sebuah kerajinan lain. Pasalnya beberapa pengrajin mengembangkan sebuah inovasi untuk menarik para peminat bebatuan marmer.


Apalagi inovasi kerajinan marmer diciptakan agar karya marmer tidaklah monoton. Dengan perkembangan peralatan yang baik, maka bebatuan marmer ini dapat dibentuk layaknya kerajinan kayu. Marmer dapat dibentuk menjadi pot bunga, miniatur kendaraan, hiasan seperti buah, hingga pohon. Agar menarik para peminat dan wisatawan, bebatuan marmer sendiri dapat dijadikan oleh- oleh seperti souvenir dan juga aksesoris. Bebatuan marmer sendiri dapat dijadikan objek yang baik untuk penanda sebuah kota. Atau bahkan dapat dibentuk mengganti papan nama yang pastinya akan menampilkan kesan yang unik. Karena sepak terjangnya yang baik, daerah Tulungagung ini tak jarang kebanjiran pesanan untuk beberapa kerajinan marmer. Para pengrajin marmer di daerah ini tentu mampu membuat hampir semua jenis furniture yang sering kita gunakan untuk sebuah ruangan. Oleh karena itu memilih kerajinan marmer Tulungagung sangatlah direkomendasikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki anggaran tidak terlalu besar. Atau bahkan bila menginginkan marmer dengan kuantiti yang banyak. Tentunya memilih marmer haruslah berdasarkan kualitas yang terpercaya seperti marmer yang dihasilkan oleh kota tulungagung ini.


Papan Nama Bahan Granit
Papan Nama Bahan Granit


Biasanya, orang memadukan lantai marmer putih dengan langit-langit berwarna senada agar hunian semakin tampak elegan dan mewah. Warna marmer gelap dapat menutupi kecacatan pada lantai serta menciptakan kesan dramatik. Pastikan furniture yang Anda gunakan senada dengan tema gelap yang digunakan. Selain hitam, Anda bisa memakai warna abu maupun putih. Jika Anda lebih menyukai gaya monokrom, motif marmer berikut bisa jadi inspirasi. Warna kelabu yang lembut dapat Anda padukan dengan gorden berwarna serupa. Terapkan corak merah marun untuk memberi statement warna kontras pada ruangan. Kini Anda telah mengetahui seluk-beluk lantai material marmer. Mulai dari jenis, proses pemasangan, cara merawat, hingga inspirasi penerapannya di dalam hunian. Bagaimana, semakin tertarik menggunakan marmer sebagai material lantai di rumah? Agar lantai Anda selalu tampak kinclong, ingatlah untuk selalu melakukan perawatan dan pembersihan marmer secara berkala. Anda bisa menggunakan bahan-bahan pembersih yang telah dibahas di atas. Terakhir, temukan inspirasi desain interior hunian menarik lainnya hanya di iCreate!

Untuk mengecek apakah bahan ini aman, teteskan sedikit amonia ke lantai Anda. Jika tak ada reaksi berbahaya, coba gunakan amonia sebagai salah satu bahan pembersih lantai di rumah. Aduk satu gelas air yang dicampur satu sendok teh amonia secara merata. Sama dengan cara lainnya, gunakan kain lap halus untuk membersihkan noda pada marmer. Jika tak memiliki bahan-bahan di atas, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih marmer. Tuangkan air sebanyak setengah gayung ke baskom kecil, lalu tambahkan cairan pembersih marmer. Aduk hingga rata, kemudian usapkan pada lantai. Diamkan selama 10 hingga 15 menit agar noda terangkat. Lantai dari marmer sangat serbaguna, Anda dapat memasangnya di ruang apapun. Lantai marmer putih memberi kesan murni dan bersih, marmer krem mampu menghangatkan suasana, serta marmer hitam yang melambangkan keanggunan. Simak inspirasi lantai dengan bahan marmer berikut ini. Pemakaian lantai marmer putih seperti gambar di bawah ini membuat ruangan tampak bersih cerah. Warna ini juga cocok digunakan untuk berbagai tema interior.

Lantai marmer sering menjadi pilihan untuk mempercantik interior hunian. Material lantai marmer dipilih karena motifnya yang bervariasi serta tahan lama. Anda dapat menggunakan marmer dengan corak putih untuk memberi kesan rumah yang lapang, pun warna gelap untuk hunian modern. Meski sering digunakan, tahukah Anda bahwa batu marmer untuk lantai memiliki beberapa kekurangan? Sebelum menggunakan tipe lantai ini, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan marmer serta cara merawatnya. Mari simak informasi berikut! Di Indonesia, marmer banyak diproduksi di Aceh, Lampung, Sumatera Barat, serta Pulau Jawa. Kabupaten Tulungagung merupakan daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Selain Tulungagung, kabupaten Magelang di Jawa Tengah juga terkenal akan marmernya. Sebab, Magelang merupakan penghasil marmer berserat warna merah yang termasuk jenis langka. Material lantai marmer yang digunakan saat ini beragam jenisnya. Mulai dari batu marmer hijau, breccia, statuary, shell, cipolin, architectural, ornamental, onyx, limestone, ruin, hingga marmer budidaya. Onyx merupakan bentuk motif lantai marmer yang transparan dengan warna variatif.

Sementara architectural marble adalah material marmer dengan ketahanan yang kuat, sehingga pas digunakan untuk eksterior dan interior hunian. Sedangkan cipolin termasuk material lantai marmer yang mempunyai warna gelap dengan tekstur lantai marmer berlapis-lapis. Tipe marmer dengan harga paling mahal adalah shell marble. Motif lantai marmer yang dihasilkan jenis ini cukup unik dan langka. Sementara itu, statuary merupakan motif lantai marmer yang tampak seperti retakan. Jika menginginkan tekstur lantai marmer yang kasar, Anda dapat menggunakan breccia marble. Limestone merupakan salah satu jenis material lantai marmer yang dipilih banyak orang. Limestone mampu menghasilkan motif lantai marmer yang menarik, mudah dibersihkan, dan tidak licin. Jika seluruh marmer di atas terbentuk secara alami, berbeda dengan marmer hijau dan budidaya. Dua jenis ini merupakan hasil buatan manusia dan rekayasa bahan. Pemasangan marmer membutuhkan perhatian khusus. Hal pertama adalah pastikan penyedia atau supplier marmer yang Anda gunakan profesional dan memiliki kredibilitas baik. Anda juga bisa memilih supplier marmer yang memberikan garansi atau jaminan.

Anda sudah membaca Mengenal Kerajinan Marmer Tulungagung
Next Post Previous Post



Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


ALFINA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272